Jumat, 28 Desember 2012

Tips Menangani Stres | cara menangani stres

atasi depresi dan stresTips Menangani Stres | cara menangani stres dan depresi, -Tidak hanya berdampak pada mental tetapi stres dan depresi juga berdampak pada fisik. Sakit kepala, mulas, mual, berkeringat secara berlebihan, gangguan pencernaan, maag, penurunan memori dan kemampuan kognitif adalah beberapa masalah fisik yang mungkin bisa timbul.
Saat marah terjadi peningkatan hormon-hormon stres, dua hormon stres yang utama adalah kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini sangat penting dalam proses pertahanan diri. Pada saat stres hormon-hormon ini membantu kita untuk tetap waspada dalam jangka waktu tertentu sehingga kita bisa merespon bahaya yang ada disekitar. Namun apabila kita mengalami tekanan berlangsung terus menerus dalam jangka panjang maka akan terjadi efek samping, misalnya tekanan darah tinggi, alergi, kemarahan, depresi, masalah tidur dan efek-efek yang sudah disebutkan diatas.

Gaya hidup modern terutama di kota sudah sangat akrab dengan stres, kita mengenal ada dua stres yaitu stres positif dan stres negatif. Stres positif adalah stres yang justru membuat seseorang semakin bergairah dan tertantang untuk melakukan hal yang positif sedangkan stres negatif adalah stres yang membawa dampak buruk bagi seseorang.

Saat anda merasakan tekanan terus menerus yang membawa dampak buruk pada diri anda misalnya sakit kepala atau kenaikan tekanan darah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menguranginya:

1. Bergerak
Memobilisasi energi saat sedang mengalami tekanan terus menerus akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga mendapat nutrisi, sel-sel tubuh akan lebih sejahtera. Olahraga terbukti menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kebahagiaan.

2. Berkumpul dengan orang lain
Saat sendirian kita lebih mungkin untuk lebih lama memikirkan masalah yang sedang dialami yang justru semakin memperparah stres yang ada. Dengan berkumpul dengan teman-teman atau keluarga kita bisa mendapat saran dan semangat dari mereka. Bercanda dengan orang-orang terdekat juga dapat secara instan menurunkan stres.

3. Lakukan pijatan
Penekanan pada kulit akan mengaktifkan syaraf parasimpatis yang mengurangi pelepasan hormon adrenalin. Pemijatan juga melancarkan peredaran darah di daerah yang dipijat.

4. Jadilah pencari solusi
Ubah fokus ada dari memikirkan masalah kepada mencari solusi. Buatlah daftar langkah-langkah strategi apa yang akan anda lakukan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Jika perlu libatkan orang lain untuk membantu anda.

5. Rekreasi
Jika anda bisa meluangkan waktu pergilah ke tempat-tempat wisata bersama keluarga atau teman. Mengunjungi mal, makan malam ditempat favorit atau melakukan hobi juga bisa menjadi pilihan bagus.

6. Makan buah dan sayur
Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan tujuh porsi buah dan sayur memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi diantara kelompok lain.

7. Banyak-banyak bersyukur
Berapa banyak masalah yang sedang anda hadapi? Berapa banyak hal baik yang sudah diberikan Tuhan pada anda? Saat ini mungkin anda sedang menghadapi 1-5 masalah. Tetapi kita diberi banyak sekali hal baik setiap harinya. Mulai dari umur, kesehatan, makanan, pakaian, kendaraan, teman, keluarga dll. Banyak-banyaklah bersyukur, akan lebih baik jika rasa syukur itu dibuktikan dengan perbuatan, misalnya dengan menyantuni anak yatim-piatu atau orang-orang yang kurang mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...