Minggu, 23 Desember 2012

9 Makanan Sehat Untuk Jantung Sehat | Tips Sehat


Makanan Sehat Untuk Jantung, Penyakit jantung, merupakan penyakit yang siapa pun tidak ingin mengalaminya. Banyak di negara – negara maju, penyakit ini telah merengguk nyawa banyak korban. Misal di Amerika atau Kanada yang kebanyakan rakyatnya menjadi korban dari penyakit jantung.

Banyak cara untuk mencegah penyakit ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Makanan yang baik untuk kesehatan jantung termasuk makanan rendah lemak jenuh, atau makanan lain seperti
sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan makanan yang rendah kandungan garam serta natrium. Selain itu, ada makanan lain yang membuat seluruh sistem kardiovaskular menjadi lebih sehat, diantaranya adalah:

1. Makanan pertama yang baik untuk jantung adalah salmon. Ikan ini kaya akan asam lemak omega 3, yang baik untuk melindungi jantung dari peradangan dan resiko terkena pembekuan darah. Selain itu, omega 3 juga berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Baiknya, ikan salmon ini dimakan 2 kali seminggu. Jenis ikan ini diantaranya yaitu sarden atau tuna yang biasanya kita jumpai.

2. Minyak zaitun, juga sangat bagus untuk kesehatan jantung, karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak ini sangat gampang didapatkan di supermarket terdekat.

3. Selanjutnya, ada buah apel. Buah ini mengandung quercetin atau yang disebut fitokimia, yang berperan sebagai anti inflamasi yang berfungsi untuk pencegah penggumpalan darah. Apel ini juga kaya akan kandungan vitamin dan serat, yang baik untuk organ lain dalam tubuh.

4. Jenis kacang-kacangan, juga sangat baik untuk jantung sehat. Kacang kaya akan minyak sehat, vitamin E dan nutrisi lainnya, yang berfungsi menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis kacang seperti almond, juga sangat kaya akan kandungan serat dan protein.

5. Siapa sangka bahwa anggur merah juga baik untuk jantung. Minuman ini kaya akan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Nikmati 4 – 8 ons per hari anggur untuk hasil yang maksimal.

6. Gandum, mengandung serat dan vitamin yang sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat.

7. Sayuran berdaun hijau kaya akan folat yang baik untuk menjaga kadar hemosistein. Sayuran hijau juga baik untuk membuat memori otak lebih baik.

8. Selain apel, tomat juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, karena mengandung likopen dan vitamin.

9. Dalam kedelai, kandungan proteinnya sangat berlimpah. Kedelai merupakan makanan dengan asupan lemak jenuh yang rendah, yang bisa menggantikan peran daging merah. Makanan ini dapat dikonsumsi dengan tambahan susu rendah kalori, agar lebih maksimal.

Itulah beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Setelah mengerti, mungkin Anda berpikir, mudah bukan untuk menjaga kesehatan jantung. Nah, dari sekarang mulailah untuk bertindak dan mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur untuk jantung lebih sehat.

2 komentar:

  1. makasih info dari artikelnya gan

    moga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, makasih kunjunannya, :)

      ow iya amiiiinn gaaan,

      Hapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...